Monday, February 1, 2010

Merawat komputer Bag. 2

Perawatan hardware :

Komputer seperti halnya sebuah mesin, memerlukan perawatan agar tidak cepat rusak. Terutama perawatan hardware, diperlukan kita jitu agar komputer kita tidak cepat ngehang atau error. Nah, bagaimana cara merawat Hardware yang baik dan benar, berikut tipsnya,

• Bersihkan selalu komputer Anda, kalau untuk membersihkan bagian luar Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus untuk komputer atau dengan kain lap saja namun untuk bagian dalam Anda harus menggunakan kuas yang berukuran kecil agar dapat masuk ke bagian yang sempit. Kenapa Anda harus membersihkan komputer Anda bagian dalam ? karena apabila terlalu banyak debu yang menempel di kipas prosesor dan di headsink misalnya maka proses pembuangan panas dari prosesor akan terhambat sehingga membuat komputer bersuhu lebih tinggi yang dapat mengakibatkan sistem hang atau merestart sendiri.

• Gunakan selalu stabilizer untuk menjaga kestabilan aliran listrik yang masuk ke komputer, karena listrik dari PLN tidaklah stabil sehingga dapat merusak hardware komputer kita. Bahkan kalau perlu Anda bisa menggunakan UPS apabila listrik sering mati.

• Gunakan kipas secukupnya usahakan kipas prosesor anda sudah sesuai dengan jenis prosesor yang dipakai. Dan gunakan kipas sirkulasi di bagian depan sebagai pemasok udara dingin dan bagian belakang sebagai pembuang udara panas. Dan segera ganti kipas Anda apabila sudah melebihi dari lifetimenya.

• Usahakan untuk selalu menutup casing komputer dengan baik jangan sampai ada hewan yang masuk misalnya cicak atau kecoak karena ini dapat berakibat fatal selain itu casing yang terbuka akan membuat debu mudah masuk. Apabila kipas sudah cukup maka Anda tidak perlu membuka casing hanya untuk membuat komputer lebih dingin




Sumber------->http://modulkkpi.blogspot.com/2007/12/merawat-komputer-bag-2.html


No comments:

Post a Comment

Anda punya tanggapan mengenai artikel ini?
Silakan isi komentar untuk berbagi ilmu disini :

Search !!!

-- Silakan Masukan Kata --

Rubah Bahasa

English French German Spain Italian

Dutch Portuguese Japanese Arabic Chinese Simplified

Adsense

Komentar Terbaru!