Thursday, February 5, 2015

MEMBUAT BLOG BARU


Assalamu'alaikum Wr.Wb.....
Khususon, sebenernya artikel ini ditunjukan untuk siswa-siswi SMK Pertanian Pembangunan Negeri Lembang yang lagi belajar nge-Blog…umumnya untuk semuanya dech, yang mau baca artikel ini….. :)
Postingan kali ini ialah tentang bagaimana cara  membuat blog dan mengatur setelan, template serta tata letak pada blog dari fasilitas blogger...
1.     Membuat Blog Baru
  • Untuk membuat blog dari blogger/blogspot yang pertama harus kita miliki ialah email dari Gmail.
  • kemudian buka alamat www.blogger.com
  • masuk dengan accout gmail yang sudah kita miliki
  • klik icon Blog Baru
  • kemudian akan ada kotak isian sbb:
 Kemudian isi :
-          Judul  : Judul blog sesuai konsep blog yang ingin kita buat,
-          Alamat : alamat dari blog yang kita buat,  karena kita memanfaatkan fasilitas blog gratis ini, sehingga jika Alamat yang kita inginkan sudah dimiliki account lain biasanya blogger merekomendasikan alamat yang lain yang masih kosong account.
-          Template : silahkan pilih template sementara yang disediakan oleh blogger dengan cara meng-klik salah satu template yang ada

·         Kemudian pilih icon Buat Blog. Sampai pada tahapan ini, kita sudah mempunyai blog baru.
·         Jika ingin melihat tampilan blog kita,  tinggal klik saja Icon Lihat blog, dan jika ingin memulai membuat artikel tinggal di Klik saja gambar Pensil.

·         Jika gambar pensil di klik, maka kita akan dibawa ke tampilan untuk membuat artikel yang fasilitasnya seperti pada Mc.Word yang sangat memudahkan sekali untuk kita membuat artikel, seperti gambar dibawah ini :

·         Blogger akan otomatis menyimpan semua perubahan yang terjadi selama kita menulis. Kecuali, ditengah-tengah perjalanan menulis artikel, koneksi internet terputus. Kemungkinan data tidak dapat tersimpan dengan sempurna. maka dari pada itu, untuk lebih aman sebaiknya kita mengetik di Ms. Word saja dulu, jika sudah selesai baru kita bisa copy – Paste pada halaman diatas…. dan jika sudah beres menulis, dan ingin ditayangkan artikel tersebut, maka tinggal di klik saja icon Publikasikan, sehingga secara otomatis artikel sudah bisa tayang pada blog…atau jika kita tidak mengklik pubkilasikan maka artikel yang kita buat secara otomasit tersimpan di Draft yang sewaktu-waktu bisa kita buka dan bisa kita edit kembali untuk dipublikasikan/ditayangkan.

2.     Mengatur Setelan

Untuk mempermudah menuju ke pengaturan setelan, bisa kita lihat gambar diatas, kemudian klik “Setelan” , dibawah ini ialah isi dari menu “Setelah” :

Isi dari menu Setelan ini ialah mengenai identitas dari blog kita….. Judul, Deskripsi dan Lain-lain yang bisa kita edit, jika kita ingin merubah konsep blog kita… J
Di menu Setelan ini juga kita bisa men-seting apakah blok kita bisa dibaca untuk umum, khusus penulis atau khusus pembaca yang sudah dapat hak akses dari admin…..

Selamat Mencoba J

3.     Template
Template yang digunakan  mungkin ada beberapa cara… cara yang pertama ialah dengan menggunakan template yang sudah disediakan oleh blogger itu sendiri, yang kedua ialah template yang kita pakai hasil download template dari internet dan yang terakhir ialah template yang kita desain sendiri. Untuk template yang kita desain sendiri mungkin insyaa Alloh kalo ketemu waktunya lagi,  kita akan bahas di lain kesempatan, kenapa? Kalo dibahas disini.. dikhawatirkan akan membingungkan dan memusingkan, soalnya materinya rada-rada sedikit naik tinggat dari blogger pemula…sehingga dikhawatirkan juga para pemula menjadi nambah pusing dalam ber blogger hehe….. sabar ya…..
1.      Untuk membuat template yang disediakan oleh blogger sangat mudah dan gampang, tinggal pilih saja menu template, kemudian kita bisa mengganti template sesuai keinginan dan otomatis blog kita sudah berubah dengan template yang baru sesuai keinginan hati.
2.      Jika dirasa template yang disediakan blogger merasa kurang pas dihati, maka bisa juga cari di internet dengan kata kunci yang gampang saja semisal “template untuk blog” dengan langsung “search engine” akan membawa kita ke tempat template-template itu berada, kemudian jika sudah nemu template yang pas. Tinggal kita simpan di hard disk komputer kita… lalu cara untu memanggil template yang baru saja kita download ialah dengan cara :
Masuk ke menu Template  lalu ke Cadangkan/Pulihkan – akan ada tampilan seperti dibawah ini :

Kemudian kita Browse dimana file template yang akan kita pilih untuk dijadikan template blog kita….secara otomatis blog kita sudah berganti template….. Mudah kan selamat mencoba…. :)


4.     Mengatur  Tata Letak

Oke dech selain dari tampilan template, desain blog kita juga kurang pas bingiiiit klo tata letakya ga kita atur sesuai keinginan kita….buat apa sich tata letak itu? Menu Tata Letak gunanya untuk menata setiap bagian-bagian pada blog kita…. Tata letak yang ada, bisa kita ubah, pindah tempatkan dan bisa kita tambah dengan fasilitas-fasilitas yang sudah disediakan oleh blogger dengan cara menekan tombol edit pada widget. Misalnya ada yang namanya :
1.      Favicon : gunanya untuk mengubah icon blogger
2.       header : gunanya untuk mengganti header blog dengan gambar atau dengan gambaran catatan.
3.      Gadget : gunanya untuk menampilkan fasilitas yang sudah disediakan oleh blogger, fasilitas gadget tersebut misalnya gadget untuk menampilkan Pengikut, kotak penelusuran, HTML, Tekt, gambar, tampilan slide dan lain-lain. Pilihlah gadget yang memang benar-benar dibutuhkan oleh blog kita, jangan sampai blog kita ramai dan penuh dengan gadget yang akan mengakibatkan pengunjung merasa terganggu dengan keberadaan gadget2 tersebut.
4.      Posting blog : gunanya untuk merubah halaman pada postingan kita, misalnya jika editnya di klik maka akan tampil mengenai pengaturan tanggal, tempat, waktu dan informasi lainnya yang bisa kita edit pada menu edit.

Ya mungkin, cukup sekian untuk kali ini informasi tentang blognya……
Semoga bermanfaat…
Saran dari penulis, sebaiknya jika ingin mahir dalam ber-blog, kita harus belajar otodidak sendiri, dengan cara coba-coba mengklak-klik tombol-tombol yang ada, dan kita lihat perubahannya. Sehingga kita bisa tahu dan paham fungsi dari setiap fasilitas dari icon yang sudah disediakan oleh blogger tersebut, karena ilmu blog sangatlah luas sekali, jika kita sering berkecimpung disana dan tak bosan-bosannya untuk mencoba, tak menutup kemungkinan kita akan mendapatkan pengalaman yang banyak dalam ber-blog..tentunya jika sudah banyak pengalamannya,  jangan sampai disimpan sendiri, jangan juga malas untuk memulai mengetik pengalaman tersebut, dan kalo sudah mengetik jangan pula lupa untuk men-share –nya, karena  barang kali temen temen kita dibelahan bumi yang mana, disana...., lagi membutuhkan pengalaman yang kita temukan di dalam ber-blog… sehingga ilmu kita dapat bermanfaat tidak hanya untuk kita juga untuk temen-temen kita didunia maya….okey…. good luck ya selamat mencoba :)
Mihecheery :)







No comments:

Post a Comment

Anda punya tanggapan mengenai artikel ini?
Silakan isi komentar untuk berbagi ilmu disini :

Search !!!

-- Silakan Masukan Kata --

Rubah Bahasa

English French German Spain Italian

Dutch Portuguese Japanese Arabic Chinese Simplified

Adsense

Komentar Terbaru!