Thursday, November 5, 2009

SEJARAH KOMPUTER

Rancangan komputer elektronik dibuat pertama kali oleh Johnn Atanasoff dari Amerika Serikat pada tahun 1942 dan terus berkembang hingga sekarang. Periodisasi perkembangan komputer dapat digambarkan sebagai berikut :

  1. Komputer Generasi Pertama ( 1945 - 1959 )

Pada tahun 1945, John Mauchly dan J. Presper dari Universitas Pennsylvania USA, membangun unit komputer elektronik yang diberi nama ENIAC. Beratnya mencapai 18 ton dan tersusun dari sekitar 18.000 tabung hampa. Mesin ini mampu menyelesaikan pekerjaan dalam waktu 15 detik, yang bila dikerjakan menusia yang ahlipun dibutuhkan waktu 10 jam.

  1. Komputer Generasi Kedua

Komponen utama penyusun komputer generasi kedua adalah transistor. Komponen ini lebih unggul segalanya dari pada tabung hampa dan memiliki harga jual yang lebih murah.

  1. Komputer Generasi Ketiga ( 1965 - 1970 )

Fungsi transistor sebagai komponen utama digantikan oleh IC ( Integrated Circuits ) atau rangkaian terpadu. Sekeping IC ( Chip ) yang terbuat dari bahan silicon dapat menggantikan kerja beberapa transistor, diode dan resistor sekaligus. Ukuran fisiknya makin kecil, namun kecepatan dan ketepatan lebih tinggi, kapasitas lebih besar, juga dimungkinkan komunikasi antar komputer.

  1. Komputer Generasi Keempat ( 1970 - Sekarang )

Komponen utama penyusun komputer generasi ini adalah VLSI ( Very Large Scale ), yaitu IC yang ditingkatkan kemampuannya hingga ratusan ribu kali dan ukuran fisiknya makin kecil.

  1. Komputer Generasi Kelima
Sampai saat ini para pakar komputer di Negara maju seperti USA dan Jepang sedang merancang komputer yang dapat berpikir dan bertindak sendiri. Komponen utamanya adalah AI ( Artificial Intelegence ) atau kepandaian buatan. Komputer ini diharapkan dapat menentukan sikap sendiri jika menerima data, hendak dijalankan apa data itu adalah kehendaknya sendiri.

No comments:

Post a Comment

Anda punya tanggapan mengenai artikel ini?
Silakan isi komentar untuk berbagi ilmu disini :

Search !!!

-- Silakan Masukan Kata --

Rubah Bahasa

English French German Spain Italian

Dutch Portuguese Japanese Arabic Chinese Simplified

Adsense

Komentar Terbaru!