Saturday, March 20, 2010

Ibu Melahirkan Selamat dengan Bantuan 2 Anaknya

Ibu Melahirkan Selamat dengan Bantuan 2 Anaknya

Merry Wahyuningsih
- detikHealth
img
Keluarga Sanders (Foto: WFTV.com)

California, Alana Sanders, wanita berusia 36 tahun ini memiliki anak-anak yang luar biasa. Dia tidak menyangka harus mengandalkan anak-anak untuk membantunya bersalin sambil berdiri di kamar mandi.

Suaminya Geoffrey Sanders, tak ada di rumah saat dia bersalin. Suaminya harus berangkat kerja jam 1.30 pagi dan Alana melahirkan bayinya pada tanggal 9 Maret pagi di rumahnya California, AS.

Alhasil, dua anaknya Jabari laki-laki berusia 9 tahun dan kakak perempuannya Faith 11 tahun yang terpaksa menolong ibu mereka melahirkan dengan dipandu petugas 911 lewat telepon. Sang ibu melahirkan sambil berdiri di kamar mandi.

"Ibuku mulai berteriak dan kemudian banyak darah di seluruh tubuhnya, dan bayi mulai keluar, maka saya menelepon 911 untuk memanggil ambulans. Kemudian kakak menyuruh ibu berbaring," kata Jabari, seperti dilansir Health24, Sabtu (20/3/2010).

Alana menjelaskan pada saat persalinan, Jabari dan Faith tidak panik sama sekali. Mereka juga tidak saling bertengkar. Bukti rekaman darurat menunjukkan ketenangan anak-anak itu, mereka menyampaikan pesan antara ibu mereka dan operator.

"Operator mulai berbicara kepadaku dan menyuruhku mengambil sepotong benang atau tali dan mengikatnya di tali pusat dan saya melakukannya," kata Faith mendeskripsikan percakapannya dengan operator keadaan darurat (emergency).

Setelah bayi lahir, operator menyuruh Faith mengusap bayi dengan handuk bersih dan mengikat tali pusat dengan benang atau tali sepatu sekitar enam inci dari tubuh bayi, bukan memotongnya.

"Jabari dan Faith lebih cerdas daripada usia mereka," kata Geoffrey Sanders. Geoffrey mengatakan bahwa ia sangat bangga sebagai ayah mereka. Ia seperti mendapat semacam tepukan di punggung, sama seperti ketika ia melakukan sesuatu yang benar.

Petugas yang tiba di rumah mereka sudah menemukan si anak telah keluar dari perut ibu. Alana Sanders dan bayinya yang baru lahir, Joseph lalu dibawa ke Rumah Sakit St Rose di Hayward. Joseph adalah anak laki-laki yang sehat dengan beratnya 4,2 kg.

Upaya kedua bocah itu diacungi jempol banyak orang. Bukan apa-apa, meski membantu kelahiran bisa dilakukan siapa saja ketika tak ada paramedis, tapi melihat orang melahirkan adalah sesuatu yang cukup horor terlebih buat anak kecil. Tapi kedua anak itu bisa melakukannya dengan tenang.



No comments:

Post a Comment

Anda punya tanggapan mengenai artikel ini?
Silakan isi komentar untuk berbagi ilmu disini :

Search !!!

-- Silakan Masukan Kata --

Rubah Bahasa

English French German Spain Italian

Dutch Portuguese Japanese Arabic Chinese Simplified

Adsense

Blog Archive

Komentar Terbaru!