Thursday, July 22, 2010

Ranger, Robot Pelari Pemecah Rekor

Ranger, Robot Pelari Pemecah Rekor

Febrina Ayu Scottiati - detikinet

Robot Ranger (technewsdaily)

Jakarta - Kalau dilihat, bentuknya memang lebih mirip dengan pemanggang roti berkaki daripada robot pelari. Namun, robot buatan tim dari Universitas Cornell, Amerika Serikat ini mampu mencetak rekor dunia baru dengan berlari sejauh 23 km 'hanya' dalam waktu 11 jam.

Robot bernama Ranger ini dipandu oleh mahasiswa dengan menggunakan remote control. Ranger dapat bernavigasi sebanyak 108,5 kali dengan jarak 212 meter/lap dalam stadion Barton Hall, Universitas Cornell. Robot ini juga mampu membuat 70.000 langkah sebelum harus berhenti untuk diisi ulang.

Dikutip detikINET dari Tech News Daily, Kamis (22/7/2010), sebelumnya tim Universitas Cornell pernah mencetak rekor dengan robot yang hampir sama pada April 2008. Namun, robot tersebut hanya mampu berjalan sekitar 9,4 km. Akhirnya rekor tersebut dikalahkan oleh Boston Dynamics BigDog yang diklaim mampu berjalan hingga 20 km.

Salah satu tujuan dari pembuatan robot pelari ini adalah untuk memamerkan efisiensi energi mesin. Tidak seperti robot berjalan lainnya yang menggunakan motor untuk mengontrol gerakan. Ranger Robot tampil lebih santai dengan cara mensimulasi gaya berjalan manusia yang memanfaatkan gaya gravitasi dan momentum untuk membantu ayunan kakinya ke arah depan.


No comments:

Post a Comment

Anda punya tanggapan mengenai artikel ini?
Silakan isi komentar untuk berbagi ilmu disini :

Search !!!

-- Silakan Masukan Kata --

Rubah Bahasa

English French German Spain Italian

Dutch Portuguese Japanese Arabic Chinese Simplified

Adsense

Blog Archive

Komentar Terbaru!