Saturday, July 31, 2010

Resiko Menggunakan Sandal Jepit

Cedera Karena Sandal Jepit

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth

img
(Foto: thinkstock)
 
Jakarta, Banyak yang menyebut high heels (sepatu hak tinggi) sebagai alas kaki yang tidak baik untuk kesehatan. Kenyataannya tidak hanya high heels, sandal jepit sekalipun juga punya risiko.

Menurut catatan layanan kesehatan di Inggris (NHS), tak kurang dari 200.000 orang tiap tahun mendatangi dokter dengan keluhan yang terkait sandal jepit. Kerugian nasional yang ditimbulkan oleh cedera akibat sandal ekonomis itu bahkan mencapai 40 juta poundsterling per tahun (Rp 520 miliar).

Para pasien umumnya mengalami cedera akibat terjatuh saat mengenakan sandal jepit. Sebagian lainnya mengalami dampak jangka panjang, antara lain timbulnya rasa nyeri di bagian betis dan tulang kering.

Untuk menahan sandal agar tidak terlepas, tumpuan saat melangkah menjadi lebih banyak terletak di sisi luar dan bukan pada tumit. Emma Supple, konsultan kesehatan kaki (podiatris) di sebuah pabrik sandal mengatakan hal ini dapat melemahkan tendon dan memicu nyeri pada otot kaki.

Risiko lain yang sering dikeluhkan adalah keseleo, baik pada pergelangan kaki maupun tangan. Cedera pada lengan dan pergelangan tangan umumnya terjadi karena gerakan kaki tidak stabil sehingga mudah tersandung tersandung, lalu keseleo dan terjatuh.

Minimnya penahan pada sandal jepit juga menyebabkan jari-jari harus selalu berkontraksi untuk menjepit tali sandal, sehingga rentan mengalami nyeri pada kulit bahkan melepuh bagi yang tidak biasa. Pada jari kelingking yang posisinya terletak paling tidak terlindungi, risiko patah lebih besar terutama jika tersandung.

Menurut Emma, sandal jepit sebenarnya tidak lebih berbahaya dibanding high heel. Namun karena sangat populer dan dipakai terus menerus selama musim panas, maka risiko cedera menjadi lebih tinggi.

"Dampak jangka panjang jarang disadari ketika gejalanya belum terlalu parah," ungkap Emma seperti dikutip dari Telegraph, Jumat (30/7/2010).

No comments:

Post a Comment

Anda punya tanggapan mengenai artikel ini?
Silakan isi komentar untuk berbagi ilmu disini :

Search !!!

-- Silakan Masukan Kata --

Rubah Bahasa

English French German Spain Italian

Dutch Portuguese Japanese Arabic Chinese Simplified

Adsense

Blog Archive

Komentar Terbaru!