Saturday, July 31, 2010

Membuat Format Penomoran Halaman Berbeda Pada Microsoft Word 2007

Membuat Format Penomoran Halaman
Yang Berbeda Pada Microsoft Word 2007



Dalam penulisan Skripsi/Tugas Akhir format penomoran halaman biasanya dibuat berbeda, yaitu halaman pertama setiap bab berada di posisi bawah tengah dan posisi halaman berikutnya adalah kanan atas. Misalnya:  pada lembar pertama berupa cover, kemudian pada lembar ke dua berupa BAB. lalu bagaimana membuatnya...? berikut caranya di microsoft word office 2007:

1        Buka dokumen yang akan diberi nomor halaman, Nah, yang akan kita kasih halaman yaitu pada lembar ke dua dengan menginputkan Nomor 1 yang berada di bawah bagian tengah. Lihat gambar di bawah ini : Letakan kursor pada akhir kalimat COVER, kemudian Pilih tab page layout -> Breaks -> Pilih Next Page

 2        Setelah itu pada halaman ke dua (BAB 1) pilih tab insert -> Page number -> Bottom of page
  3        Untuk menghilangkan nomor pada halaman pertama, beri centang pada Different First Page di menu Design, lihat gambar berikut:
 4        Setelah itu pada halaman yang ke tiga, kita akan memasukan Page number pada posisi di atas sebelah kanan. Caranya : letakan kursor pada halaman ke tiga pilih tab page layout -> breaks -> pilih Continuous

5        Selanjutnya masukan nomor pada halaman ke tiga ini dengan cara tab insert -> Page number -> Top of page
6   Untuk mengatur halaman supaya dapat melanjutkan halaman sebelumnya klik Insert > Page Numbers > Format Page Numbers. 
7     Pilih dan klik format halaman “1, 2, 3, …” pada kotak pilihan Numbers Format
8     Ubah pilihan Page Numbering menjadi Start at, kemudian isi dengan angka 2 > lalu OK (jika tetap dalam keadaan “Continue from previous section” berarti halaman akan melanjut menjadi hal 3, jika dalam keadaan “Start at” berarti halaman awal dapat kita tentukan sendiri.

        Sampai disini mungkin anda bertanya-tanya…”kenapa pada halaman nya menjadi dua penomoran, yaitu pada posisi atas dan bawah…” tenaaang..belum selesai, masih ada kelanjutannya.. :D. 
9     Untuk menghilangkan nomor pada halaman sebelumnya, anda harus menghilankan/menonaktifkan tombol Link To Previous,  setelah itu Anda dapat menghapus nomor yang berada pada posisi yang tidak kita inginkan. Lihat Gambar : 

Cukup sekian tutorial kali ini… mudah kan....:-) sejauh ini saya telah mencobanya 
dan berhasil..


Semoga Berhasil dan Bermanfaat!!!!
  







1 comment:

  1. uangeL aku tidak bisa penomorannya njlimet lbh susah darpd potosop

    ReplyDelete

Anda punya tanggapan mengenai artikel ini?
Silakan isi komentar untuk berbagi ilmu disini :

Search !!!

-- Silakan Masukan Kata --

Rubah Bahasa

English French German Spain Italian

Dutch Portuguese Japanese Arabic Chinese Simplified

Adsense

Blog Archive

Komentar Terbaru!