Friday, April 23, 2010

Jepang Impikan Robot Pembaca Pikiran

Jepang Impikan Robot Pembaca Pikiran

Febrina Ayu Scottiati - detikinet

Robot Perawat Jepang (Ist.)

Jepang - Kemajuan teknologi memang tidak pernah berhenti. Selama masih ada akal dan kemauan, teknologi akan terus semakin canggih. Seperti yang akan dilakukan Jepang. Mereka berencana membuat robot dan alat yang mampu membaca pikiran manusia pada tahun 2020.


Perangkat yang digunakan adalah teknologi mesin otak. Alat ini diharapkan dapat menganalisa sinyal di otak dan aliran darah manusia sehingga terdeteksi oleh sensor pada perangkat robot.

Impian lebih jauh dari para ilmuwan ini adalah, robot tersebut nantinya diharapkan dapat membantu berbagai aktivitas manusia. Seperti mampu membaca keinginan pemirsa televisi sehingga otomatis merubah chanel tanpa menggunakan remote. Bila berbentuk ponsel genggam maka penulisan SMS bisa dilakukan dengan memikirkan apa yang akan ditulis tanpa harus mengetikannya.

Tidak hanya itu, mesin ini bisa diaplikasikan pada sistem navigasi mobil. Sehingga bila pemgemudi ingin makan maka mobil otomatis akan mencari restoran. Kalau diaplikasikan pada AC maka dapat merubah suhu bila orang yang ada dalam ruangan merasa panas atau dingin. Bahkan robot ini juga diimpikan dapat tahu kapan akan dibutuhkan untuk membawa barang berat pada orang lanjut usia atau cacat fisik.

Dikutip detikINET dari ninemsn, Jumat (23/4/2010), proyek ini nantinya akan mencakup perusahaan-perusahaan raksasa seperti Toyota, Honda, Hitachi, Osaka University, dan Telekomunikasi Advanced Research Institute International.



No comments:

Post a Comment

Anda punya tanggapan mengenai artikel ini?
Silakan isi komentar untuk berbagi ilmu disini :

Search !!!

-- Silakan Masukan Kata --

Rubah Bahasa

English French German Spain Italian

Dutch Portuguese Japanese Arabic Chinese Simplified

Adsense

Blog Archive

Komentar Terbaru!