Thursday, April 22, 2010

Diet-diet yang Tidak Bermanfaat

Diet-diet Aneh yang Tidak Bermanfaat

Vera Farah Bararah - detikHealth


img
(Foto: ehow)

Jakarta, Banyak cara yang dilakukan orang dalam melakukan diet agar bisa menurunkan berat badannya. Namun tak jarang ditemukan beberapa program diet yang tidak bermanfaat, tapi tetap dilakukan oleh masyarakat.


Jika diet dilakukan dengan benar dan tepat, maka tentu saja bisa memberikan manfaat yang besar untuk kesehatannya. Tapi beberapa orang justru melakukannya secara sembarangan bahkan terbilang cukup aneh.

Seperti dikutip dari WedMD, Rabu (21/4/2010) ada 3 jenis diet yang aneh tapi tetap dilakukan oleh orang, yaitu:

1. Diet sup kubis
Jika mengonsumsi sup kubis sesekali tentu tak menjadi masalah, tapi jika dilakukan terus menerus akan menyebabkan penurunan berat badan yang cepat.

Namun, diet ini menyebabkan seseorang memiliki keterbatasan dalam hal kalori sehingga bisa menyebabkan kekurangan gizi serta memiliki kalori rendah. Pola diet ini tidak ada perencanaan.

Seseorang yang melakukan diet sup kubis harus mengonsumsi makanan yang ketat setiap hari selama seminggu dan makanan ini sangat sulit ditemukan di luar rumah. Hingga kini pola diet ini masih menjadi perdebatan apakah termasuk diet sehat atau tidak.

"Diet ini memang akan mengakibatkan penurunan berat badan tapi dalam jangka waktu pendek bisa membuat seseorang mengalami kekurangan gizi," ujar Connie Diekman, Med, RD, presiden terpilih dari American Dietetic Association.

2. Diet cacing pita
Pola diet ini terbilang esktrim, karena seseorang akan menelan parasit dengan tujuan menghilangkan berat badan. Tidak semua tempat menyediakan pola diet cacing pita ini dan diet ini sangat terkenal di Meksiko.

Seseorang akan diberikan kista cacing pita dari daging sapi yang telah diidentifikasi secara mikroskopik. Hal ini harus berhati-hati karena ada kemungkinan beberapa daging sapi telah terinfeksi cacing pita daging babi yang jauh lebih berbahaya.

Kista yang diberikan tersebut akan dikonsumsi dan cacing pita ini akan tumbuh dalam saluran pencernaan. Cacing pita akan tetap dibiarkan dalam pencernaan hingga berat badan yang diinginkan tercapai.

Jika target telah terpenuhi, maka orang tersebut akan diberikan antibiotik untuk membunuh dan mengusir cacing pita ini. Salah satu selebriti yang pernah melakukan diet ini adalah Tyra Banks.

Hingga kini tidak diketahui keuntungan apa yang bisa didapatkan dari program diet ini. Tapi kekurangannya adalah cacing pita termasuk parasit berbahaya yang bisa menimbulkan efek samping.

Masih sedikitnya kualitas kontrol mengenai prosedur ini, membuat risiko yang ada dari diet ini sangat besar dan belum adanya jaminan hal tersebut akan berhasil serta perawatan ini tergolong mahal.

3. Diet breatharian
Diet ini berdasarkan prinsip inedia yang mengklaim bahwa makanan dan air tidak diperlukan untuk mempertahankan hidup, dan tubuh manusia masih bisa bertahan hidup dengan baik melalui udara, sinar matahari dan Prana (kekuatan hidup).

Fokus dari diet ini adalah spiritual inedia atau berpuasa. Pada tahun 1990-an beberapa pengikut program diet breatharian di Eropa meninggal ketika berusaha untuk mematuhi program diet yang ada, sebagian besar akibat dehidrasi dan kekurangan makanan.

Pengikut diet ini beranggapan hanya teh herbal yang digabungkan dengan paparan sinar matahari sudah cukup untuk mempertahankan hidupnya. Namun hingga kini tidak ada bukti medis yang mendukung bahwa orang bisa bertahan hidup tanpa air dan makanan. Sebagian besar orang yang pernah mengikuti diet ini meninggal atau mengakui bahwa pola yang dijalaninya salah.



3 comments:

  1. sekarang saya sedang diet tidak makan, karna gigi terkunci kawat , habis kecelakaan :D

    ReplyDelete
  2. kaka minta fb nya dong :D

    ReplyDelete

Anda punya tanggapan mengenai artikel ini?
Silakan isi komentar untuk berbagi ilmu disini :

Search !!!

-- Silakan Masukan Kata --

Rubah Bahasa

English French German Spain Italian

Dutch Portuguese Japanese Arabic Chinese Simplified

Adsense

Blog Archive

Komentar Terbaru!