Tuesday, August 24, 2010

Virus Malware Membuat Pesawat Spanair 5022 Jatuh

Virus Malware Membuat Pesawat Spanair 5022 Jatuh

 


Pesawat Spanair


Jakarta - Seperti yang diberitakan detikINET. Sebuah program jahat jenis Trojan diketahui sempat menginfeksi sistem komputer di bandara Barajas-Madrid. Ditakutkan, program jahat itu turut menyebabkan jatuhnya pesawat Spanair 5022 yang menyebabkan korban tewas.
Dikutip detikINET dari TechDaily, Selasa (24/8/2010), adanya malware alias program jahat itu diketahui dalam penyelidikan atas kecelakaan pesawat udara Spanair 5022 pada 2008. Kecelakaan itu menewaskan 154 penumpangnya, termasuk seorang Warga Negara Indonesia.

Dalam kecelakaan itu, pesawat gagal take-off di bandara Barajas International Airport di Madrid, Spanyol. Kegagalan terjadi karena flap dan slat pesawat belum mengembang namun tak ada peringatan bahwa hal itu terjadi.

Komputer yang terinfeksi malware itu dikatakan memiliki fungsi untuk mendeteksi masalah pada pesawat dan memberikan peringatan. Jika saja tidak terkena malware, dan berhenti operasi, komputer itu harusnya bisa mencegah Spanair 5022 melakukan lepas landas.

Namun hal ini masih hasil penyelidikan awal. Belum diketahui apakah infeksi malware menjadi faktor kritis dalam kecelakaan tersebut atau bukan, karena penyelidikan masih berlangsung.

Jamz Yaneeza, peneliti keamanan dari Trend Micro, menduga malware itu masuk melalui beberapa cara. Salah satu yang paling mungkin adalah melalui USB Flashdisk yang terinfeksi.




No comments:

Post a Comment

Anda punya tanggapan mengenai artikel ini?
Silakan isi komentar untuk berbagi ilmu disini :

Search !!!

-- Silakan Masukan Kata --

Rubah Bahasa

English French German Spain Italian

Dutch Portuguese Japanese Arabic Chinese Simplified

Adsense

Blog Archive

Komentar Terbaru!