Thursday, August 19, 2010

Aplikasi Mata-Mata Sembunyi di Balik Game Android

Aplikasi Mata-Mata Sembunyi di Balik Game Android
Wicak Hidayat - detikinet


Screenshot (F-Secure)

Jakarta - Sebuah game Android, yang sekilas nampak tak punya 'dosa' apa-apa, ternyata punya kemampuan di luar dugaan. Aplikasi itu bisa jadi  mata-mata untuk melacak lokasi ponsel.

Adanya program jahat di balik game Android itu dikemukakan oleh Mikko Hypponen, Chief Research Officer F-Secure, dalam blog resmi F-Secure yang dikutip detikINET, Rabu (18/8/2010). "Sebuah game bernama Tap Snake ternyata bukan hanya game, ini merupakan klien untuk aplikasi mata-mata bernama GPS Spy," tulis Mikko.

Di permukaan, game Tap Snake adalah game 'ular-ularan' pada umumnya. Namun di balik itu, Tap Snake berjalan di background dan terus aktif meski sedang tak dimainkan. Setiap 15 menit, game itu akan melaporkan lokasi GPS ponsel ke server.

GPS Spy, menurut Mikko, adalah layanan mata-mata berbayar dengan biaya langganan USD 4.99 (sekitar Rp 45.000). Setelah di-download, aplikasi ini akan meminta pengguna memasang game Tap Snake pada ponsel yang mau dimata-matai.

Pengguna GPS Spy harus memiliki akses fisik ke ponsel yang ingin dimata-matai. Hal itu perlu untuk memasukkan kode pada game yang memungkinkan akses mata-mata ke ponsel yang jadi target. Dengan demikian, Tap Snake sulit digunakan untuk memata-matai secara remote tanpa peran aktif pengguna ponsel yang jadi target.

Mikko memperkirakan Google akan segera mencabut Tap Snake dari Android Market. Bahkan, Google diduga akan mematikan aplikasi tersebut dari pusat sehingga tak ada lagi ponsel Android yang memasangnya.


No comments:

Post a Comment

Anda punya tanggapan mengenai artikel ini?
Silakan isi komentar untuk berbagi ilmu disini :

Search !!!

-- Silakan Masukan Kata --

Rubah Bahasa

English French German Spain Italian

Dutch Portuguese Japanese Arabic Chinese Simplified

Adsense

Blog Archive

Komentar Terbaru!