Wednesday, August 25, 2010

Tes Kesehatan Menggunakan Toilet

Tes Kesehatan Menggunakan Toilet
Rachmatunisa - detikinet


Toilet pintar (AFP)

Jakarta - Jepang kerap menelurkan temuan baru di bidang teknologi. Kali ini, negeri sakura itu menghadirkan toilet canggih yang dirancang bisa berfungsi sebagai alat pendeteksi kesehatan di rumah.
Toilet yang diciptakan produsen toilet inovatif asal Jepang bernama Toto ini, membuat penggunanya bisa melakukan tes kesehatan instan sambil memenuhi 'panggilan alam'.  

Sejatinya, Toto merancang toilet unik tersebut atas permintaan perusahaan perumahan Daiwa House. Ide bermula saat mengingat pentingnya tes kesehatan yang mudah bagi populasi manula yang kian meningkat di Jepang.

"Direktur kami mendapat ide ketika berada di rumah sakit, melihat banyak orang terutama manula menunggu lama untuk melakukan tes kesehatan. Dia berpikir akan lebih baik jika mereka bisa melakukan tes kesehatan di rumah," kata salah satu arsitek di Daiwa House, Akiho Suzuki.

Dikutip detikINET dari AFP, Rabu (25/8/2010), perangkat yang dijuluki sebagai toilet pintar itu memiliki berbagai kemampuan seperti menganalisa urine, menentukan dengan tepat tekanan darah dan suhu tubuh si pengguna, serta mengukur berat badan mereka dengan timbangan yang menyatu dengan toilet.

Toto membuat wadah penampung toilet bisa mengumpulkan contoh urine yang digunakan mengecek kadar gula darah dan temperatur tubuh si pengguna. Toilet itu juga dilengkapi semacam armband untuk memonitor tekanan darah. Nantinya, hasil tes kesehatan akan ditampilkan pada layar komputer yang menempel di dinding dan terhubung dengan toilet.

"Dengan model yang sekarang, data kesehatan si pengguna akan terkirim secara otomatis ke komputer, kemudian mereka bisa mengirimkan hasil tes kesehatan itu kepada dokter," kata Suzuki.

Suzuki menyebutkan, versi terbaru toilet ini nantinya akan memungkinkan data kesehatan terkirim otomatis tak hanya ke komputer tetapi juga ke anggota keluarga atau doktor melalui koneksi internet.

Perlu merogoh kocek cukup dalam untuk bisa merasakan kecanggihan toilet pintar tersebut. Berbagai fungsi dan kemampuannya yang juga bisa menyimpan data untuk lima orang berbeda ini diganjar dengan kisaran harga USD 4.100 - USD 5.850 atau sekitar Rp 36 juta - Rp 52 juta.


No comments:

Post a Comment

Anda punya tanggapan mengenai artikel ini?
Silakan isi komentar untuk berbagi ilmu disini :

Search !!!

-- Silakan Masukan Kata --

Rubah Bahasa

English French German Spain Italian

Dutch Portuguese Japanese Arabic Chinese Simplified

Adsense

Blog Archive

Komentar Terbaru!