Thursday, August 19, 2010

Konversi halaman website menjadi PDF secara online

Konversi halaman website menjadi PDF secara online


PDF saat ini sudah menjadi format dokumen standard, selain karena praktis, lebih nyaman dibaca secara offline juga karena bersifat portabel. Ketika kita ingin menyimpan sebuah halaman website secara utuh, ada beberapa teknik yang bisa digunakan, misalnya dalam gambar, format *.MHT, Mozilla Archive Format (MAFF) dan dalam PDF. Dari berbagai cara tersebut, dokumen dalam format PDF merupakan salah satu alternatif terbaik.




Meskipun kita bisa menginstall software PDF dan sebuah halaman website bisa di simpan melalui perintah file > Print (baca: membuat dokumen pdf gratis dan mudah), tetapi karena keterbatasan, kadang kita tidak bisa menginstall software apapun, misalnya ketika di warnet, kantor dan lainnya. Alternatifnya adalah dengan menggunakan jasa KOnversi PDF secara online.
Berikut beberapa website yang menawarkan konversi halaman website secara lengkap, dan hasilnya bisa langsung kita download tanpa kita harus memasukkan email atau data pribadi lainnya.

PDFmyURL

Merupakan website untuk konversi ke PDF dengan tampilan sederhana dan penggunaan yang mudah. Kita tinggal memasukkan alamat halaman website (URL), kemudian tinggal klik tombol P. Setelah beberapa saat, akan muncul window untuk download halaman PDF dari URL yang kita masukkan.

Untuk mendapatkan pengaturan (preference) yang lebih banyak disediakan fitur berbayar. Jika kita mempunyai website/blog, kita bisa menambahkan link untuk menyimpan halaman ke PDF. Klik saja “Advanced Options” dari halaman PDFmyURL.

Web2PDF Convert

Seperti website sebelumnya, penggunaan untuk konversi halaman website juga sangat mudah, tinggal memasukkan alamat halaman website, kemudian klik “Convert to PDF”. Hasilnya adalah dokumen PDF yang langsung bisa download, buka di Google Docs atau di simpan dan di share di filejumbo.com.

Untuk mendapatkan opsi tambahan, kita harus mendaftar sebagai member (berbayar). Selain konversi melalui website, kita juga bisa memasang link konversi di toolbar web browser, sehingga kita bisa langsung konversi tanpa perlu membuka web2pdfconvert. Termasuk juga menambahkan button di website/blog kita. Informasi selengkapnya ada di bagian Tips & Tricks.

PDFcrowd

Meskipun website ini masih dalam versi beta, tetapi hasil konversi tidak kalah dengan website-website sebelumnya. Disediakan 3 pilihan, yaitu konversi dari halaman website (URL), kita sendiri yang upload file HTML, kita menulis sendiri halaman HTML dan WYSIWYG Editor ( WYSIWYG = What you see is what you get ).

Untuk mendapatkan opsi tambahan, kita harus mendaftar sebagai anggota. Berbeda dengan website sebelumnya, pendaftaran ini gratis. Sehingga kita bisa langsung memanfaatkan opsi tambahan konversi ke PDF, seperti ukuran kertas, margin, security dan lainnya.

HTML-to-pdf.Net

dengan HTML to PDF.net kita juga bisa konversi halaman website ke PDf dengan mudah. Meski tidak ada opsi yang didapatkan selain memasukkan URL saja, setelah saya test (sekali test) hasil konversinya ternyata mempunyai ukuran paling kecil dibanding lainnya.

Kesimpulan

Dari keempat website yang memberikan jasa konversi ke PDF diatas, semuanya mempunyai hasil yang bagus, format dan link yang ada di website masih tetap terjaga dengan baik. Tetapi dari segi kualitas tampilan font, saya lihat PDFmyURL mempunyai tampilan yang paling bagus, sedangkan HTML-to-pdf.net mempunyai ukuran paling kecil. Jika memerlukan opsi tambahan tanpa harus membayar, PDFcrowd merupakan pilihan yang tepat. Tetapi jika kita ingin membagi (share) hasil konversi, web2pdfconvert merupakan pilihannya.


No comments:

Post a Comment

Anda punya tanggapan mengenai artikel ini?
Silakan isi komentar untuk berbagi ilmu disini :

Search !!!

-- Silakan Masukan Kata --

Rubah Bahasa

English French German Spain Italian

Dutch Portuguese Japanese Arabic Chinese Simplified

Adsense

Blog Archive

Komentar Terbaru!