Friday, August 13, 2010

Spammer Bisa Curi Data dari Login Facebook

Spammer Bisa Curi Data dari Login Facebook
Rachmatunisa - detikinet



Jakarta - Lagi-lagi, masalah keamanan menimpa Facebook. Agaknya situs jejaring sosial populer itu tak pernah berhenti berjuang memperbaiki 'celah' pada situsnya. Kali ini, kerentanan datang dari sebuah fitur yang bisa disalahgunakan spammer untuk mendapatkan username dan foto pengguna Facebook.

Peneliti keamanan internet Atul Agarwal membeberkan celah tersebut. Rupanya, ketika seseorang memasukkan alamat email dengan username yang salah pada halaman sign in, Facebook akan menampilkan halaman khusus untuk memasukkan ulang username. Celakanya, di halaman itu Facebook menyertakan foto dan nama lengkap pengguna Facebook yang terkait dengan alamat email tersebut.

Fitur tersebut sejatinya dimaksudkan Facebook untuk memberitahu pengguna kalau-kalau mereka telah salah mengetik alamat email pada saat login. Namun ibarat pisau bermata dua, fitur itu bisa saja disalahgunakan spammer untuk mendapatkan informasi data 500 juta pengguna Facebook.

"Seorang spammer yang memiliki daftar email bisa mencatat alamat email dan nama lengkap seorang pengguna Facebook untuk log in. Hal ini membantu serangan phising lebih nyata," kata Agarwal seperti dilansir PC World dan dikutip detikINET Kamis, (13/8/2010).

Dia juga menyebutkan, seseorang bisa menggunakan fitur tersebut untuk menghasilkan alamat email secara acak dan mengeceknya apakah alamat email itu masih digunakan atau tidak.

Ditambahkan Agarwal, halaman login memperlihatkan foto seorang pengguna Facebook, bahkan meski pengguna itu sudah mengatur privasi mereka agar informasi rahasia tetap terjaga. "Ini ibarat 'panen' data yang sangat mudah," tandasnya.


No comments:

Post a Comment

Anda punya tanggapan mengenai artikel ini?
Silakan isi komentar untuk berbagi ilmu disini :

Search !!!

-- Silakan Masukan Kata --

Rubah Bahasa

English French German Spain Italian

Dutch Portuguese Japanese Arabic Chinese Simplified

Adsense

Blog Archive

Komentar Terbaru!