Friday, August 27, 2010

David Beckham, Miley Cyrus, Oprah Winfrey dan Ronaldinho Jadi Sasaran Spam

David Beckham, Miley Cyrus, Oprah Winfrey dan Ronaldinho Jadi Sasaran Spam


Jakarta - Penjahat cyber kerap menggunakan spam untuk menipu korbannya. Informasi soal kematian selebriti, akibat kecelakaan pesawat, pun dijadikan umpan untuk menjaring korban.
Demikian disampaikan Symantec dalam keterangan tertulis yang diterima detikINET, Kamis (26/8/2010). Dikatakan bahwa judul email spam itu menyebutkan kematian selebritis dalam sebuah kecelakaan pesawat yang menabrak sisi pegunungan.

Selain kecelakaan pesawat, selebritis juga dikabarkan tewas dalam kecelakaan mobil. Sebuah kabar berita yang bisa jadi sangat menarik bagi penggemar selebriti tertentu atau penyuka infotainment.

Barisan selebriti yang jadi selubung Spam ini cukup beragam, mulai dari aktris, musisi atau olahragawan. Termasuk di antaranya adalah Beyonce Knowles, Brad Pitt, David Beckham, Gwen Stefani, Jay-Z, Jennifer Aniston, Kanye West, Madonna, Miley Cyrus, Oprah Winfrey dan Ronaldinho.

Penjahat cyber memanfaatkan file lampiran (attachment) dalam bentuk .zip. Di dalam file lampiran itu terdapat program jahat jenis Trojan bernama Zbot yang akan mencuri informasi penting dari komputer korban.

Informasi yang dicuri termasuk rincian rekening perbankan, username dan password layanan online dan lain sebagainya. Spam jenis 'zip attachment' ini dikatakan oleh Symantec meningkat dua kali lipat dalam beberapa minggu terakhir.

Ahli keamanan dari Norton menyarankan pengguna untuk memasang piranti lunak penyaring spam, tidak merespon email yang mencurigakan dan membuat beberapa alamat email untuk beberapa keperluan (misalnya satu alamat khusus untuk daftar layanan publik).

Sebelumnya, penjahat cyber juga diketahui memanfaatkan sosok seperti Cameron Diaz dan selebriti lainnya dalam menjerat korban. Nama-nama selebritis itu dicatut dalam halaman web yang berisi program jahat.




1 comment:

  1. wah, ternyata yang namanya penjahat tak hanya ada di dunia nyata, di dunia cyber pun makin banyak bergentayangan.doh, kok bisa, yah?

    ReplyDelete

Anda punya tanggapan mengenai artikel ini?
Silakan isi komentar untuk berbagi ilmu disini :

Search !!!

-- Silakan Masukan Kata --

Rubah Bahasa

English French German Spain Italian

Dutch Portuguese Japanese Arabic Chinese Simplified

Adsense

Blog Archive

Komentar Terbaru!