Thursday, August 26, 2010

10 Masalah Kesehatan Anak Paling Mengkhawatirkan

10 Masalah Kesehatan Anak Paling Mengkhawatirkan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth

img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Sebuah survei mengungkap obesitas sebagai ancaman kesehatan paling serius bagi anak-anak. Rokok, penyalahgunaan obat terlarang dan kehamilan di usia remaja masuk dalam 10 besar masalah kesehatan paling mengkhawatirkan pada anak.
Dalam survei tahunan yang diadakan di Michigan tersebut, obesitas terpilih sebagai masalah nomor 1 selama 3 tahun berturut-turut. Tahun ini, obesitas dipilih oleh hampir 40 persen dari 2.064 responden yang dilibatkan.

Dikutip dari Unmich.edu, Selasa (24/8/2010), 10 besar masalah kesehatan anak yang terungkap dalam survei tersebut adalah sebagai berikut.

1.   Obesitas anak, 38 persen
2.   Penyalahgunaan obat, 30 persen
3.   Merokok, 29 persen
4.   Keamanan internet, 25 persen
5.   Stres, 24 persen
6.   Bullying (perilaku kekerasan), 23 persen
7.   Kehamilan di usia muda, 23 persen
8.   Pelecehan dan penelantaran anak, 21 persen
9.   Penyalahgunaan alkohol, 20 persen
10. Tidak ada waktu untuk berolahraga, 20 persen

Sedangkan jika dipilah-pilah berdasarkan etnis responden, obesitas lebih banyak dipilih oleh etnis kulit putih sebagai peringkat pertama (37 persen). Etnis kulit hitam memilih rokok sebagai peringkat teratas (40 persen), sementara etnis hispanik memilih penyalahgunaan obat terlarang (46 persen).

Responden juga diminta untuk menilai apakah pilihannya itu dari waktu ke waktu makin membaik, memburuk atau sama saja. Ketika diambil rata-rata, ternyata 57 persen responden mengatakan secara umum masalah-masalah tersebut makin memburuk.

"Hal ini mungkin dipengaruhi oleh hasil survei sebelumnya, yang menempatkan obesitas sebagai masalah nomor 1 selama 3 tahun berturut-turut," ungkap Matthew M Davis, MD, penggagas survei yang juga profesor kesehatan anak di
University of Michigan.

"Kemungkinan lain, orang tua mulai mengkhawatirkan kemungkinan komplikasi akibat obesitas, seperti diabetes, penyakit jantung, arthritis dan gangguan pernapasan serta pola tidur," tambahnya.

Rokok dan penyalahgunaan obat juga masuk dalam peringkat 10 besar, meski data nasional di negara tersebut menunjukkan jumlah kasus yang berhubungan dengan masalah itu justru menurun. Menurut Davis, hal ini menunjukkan tingginya kepedulian orang tua terhadap bahaya rokok dan obat terlarang.

"Upaya memerangi rokok dan obat terlarang sudah berlangsung secara aktif selama beberapa generasi. Untuk perbandingan, upaya memerangi obesitas beru dimulai akhir-akhir ini saja," kata Davis.


No comments:

Post a Comment

Anda punya tanggapan mengenai artikel ini?
Silakan isi komentar untuk berbagi ilmu disini :

Search !!!

-- Silakan Masukan Kata --

Rubah Bahasa

English French German Spain Italian

Dutch Portuguese Japanese Arabic Chinese Simplified

Adsense

Blog Archive

Komentar Terbaru!