Saturday, August 21, 2010

Teknologi Disk SAS Siap Geser Disk Fibre Channel

Teknologi Disk SAS Siap Geser Disk Fibre Channel
Ardhi Suryadhi - detikinet


Ilustrasi (Ist.)

Jakarta - Adopsi teknologi disk Serial Attached SCSI (SAS) sebagai media penyimpanan di segmen enterprise diprediksi akan semakin luas dan bakal melampaui pemakaian teknologi disk berbasis Fibre Channel (FC).

Indra W. Nugraha, Senior Solutions Consultant Hitachi Data Systems Indonesia mengatakan, selama ini perusahaan skala besar (enterprise) cenderung mengutamakan faktor kinerja dalam pemilihan teknologi storage sehingga mereka pada umumnya menggunakan disk berbasis FC.

"Tapi sekarang ini, dilatarbelakangi efisiensi anggaran TI di tengah kondisi ekonomi yang melemah, perusahaan mulai mempertimbangkan rasio harga-kinerja sebagai tolok ukur utama dalam pemilihan teknologi storage," katanya.

"Di sinilah SAS menjadi pilihan yang paling logis, bahkan bagi enterprise, karena memiliki rasio harga-kinerja terbaik seperti dibuktikan melalui hasil-hasil pengujian lembaga independen seperti Storage Performance Council (SPC)," lanjut Indra, dalam keterangan tertulis yang diterima detikINET, Sabtu (21/8/2010). .

Dalam sebuah pengujian oleh SPC terhadap Hitachi Adaptable Modular Storage 2500, terungkap bahwa rasio harga-kinerja yang sangat rendah, yakni USD 6,71 per SPC-1 IOPS (Input/Output Operations per Second) -- satuan untuk mengukur kecepatan pemrosesan sistem.

Bagi perusahaan, hasil ini diklaim menunjukkan bahwa SAS memberikan tingkat kinerja tinggi yang dibutuhkan namun dengan biaya yang lebih rendah.

Selain mampu menghemat biaya investasi dan operasional, Indra menuturkan teknologi SAS lebih fleksibel, mampu menjembatani teknologi disk SATA (Serial ATA) yang umumnya dipakai sebagai storage pemula (entry-level) oleh bisnis skala kecil dan menengah.

SAS sendiri bukanlah teknologi ataupun konsep baru. Disk-disk dengan antarmuka SAS untuk segmen enterprise sudah dipasarkan sejak 2004, awalnya sebagai pengganti drive SCSI (Small Computer System Interface) yang lebih lambat.

Sejak ketersediaan SAS dengan kecepatan 3 Gbps dan 6 Gbps, kinerjanya menyamai disk berbasis FC. Seiring meningkatkan teknologi SAS, para analis memperkirakan penjualan SAS semakin naik sedangkan FC menurun. Para vendor disk pun membatasi pengembangan FC hingga 600 GB dengan antar muka 4 Gbps.


No comments:

Post a Comment

Anda punya tanggapan mengenai artikel ini?
Silakan isi komentar untuk berbagi ilmu disini :

Search !!!

-- Silakan Masukan Kata --

Rubah Bahasa

English French German Spain Italian

Dutch Portuguese Japanese Arabic Chinese Simplified

Adsense

Blog Archive

Komentar Terbaru!