Friday, August 13, 2010

Operasi Mengecilkan Perut Bisa Lewat Mulut

Operasi Mengecilkan Perut Bisa Lewat Mulut

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth

img
Foto: thinkstock
Los Angeles, Salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah melalui operasi untuk mengecilkan kapasitas lambung. Tapi jangan dibayangkan dokter akan membedah perut, sebab prosedur tersebut kini bisa dilakukan melalui mulut.

Prosedur ini untuk pertama kalinya dilakukan di Amerika Serikat baru-baru ini oleh tim dokter dari University of California. Dalam prosedur yang dinamakan Sleeve Gastrectomy tersebut, tim dokter sukses mengurangi isi lambung sebanyak 20 persen.

Menurut para ahli, ukuran lambung yang lebih kecil dapat membuat perut terasa lebih cepat penuh sehingga nafsu makan bisa ditekan. Setelah menjalani operasi tersebut, biasanya pasien akan dapat mengurangi berat badannya antara 1-2 kg tiap pekannya.

Operasi ini menggunakan teknik bedah laparoskopi, yakni memasukkan kamera dan peralatan kecil lainnya ke dalam perut melalui saluran pencernaan. Sambil memantau lewat layar monitor, dokter dapat memotong-motong bagian lambung yang hendak diperkecil melalui alat yang dikendalikan dari luar.

"Operasi yang dilakukan melalui mulut dpat meminimalkan efek trauma di perut. Tidak adanya pembedahan besar di dinding perut mengurangi nyeri dan risiko mengalami hernia," ungkap Dr Santiago Horgan yang memimpin operasi tersebut.

Dikutip dari Healthday, Kamis (12/8/2010), metode ini telah disetujui penggunaannya di Amerika oleh American Society for Metabolic and Bariatric Surgery (ASMBS). Badan tersebut menilai, Sleeve Gastrectomy aman dilakukan untuk pasien berisiko tinggi.

Namun dalam kaitannya dengan upaya menurunkan badan, ASMBS memberi sedikit catatan. Sebab hingga kini, belum ada cukup bukti bahwa efektivitas pembedahan ini akan bertahan untuk jangka waktu di atas 5 tahun jika tidak disertai operasi lanjutan.


No comments:

Post a Comment

Anda punya tanggapan mengenai artikel ini?
Silakan isi komentar untuk berbagi ilmu disini :

Search !!!

-- Silakan Masukan Kata --

Rubah Bahasa

English French German Spain Italian

Dutch Portuguese Japanese Arabic Chinese Simplified

Adsense

Blog Archive

Komentar Terbaru!