Monday, August 2, 2010

Robot Tiru Ekspresi Manusia Lewat Telepresence

Robot Tiru Ekspresi Manusia Lewat Telepresence

Rachmatunisa - detikinet


Telenoid R1 lewat telepresence video (ist)

Jakarta - Robot rumahan di Jepang kini bisa menampilkan mimik wajah dan gestur tubuh menyerupai manusia. Robot bernama Telenoid R1 ini bisa menirukan ekspresi orang-orang yang tak bisa hadir di rumah lewat percakapan video call.

Lewat video call telepresence, sang cucu yang tak bisa hadir menemui kakeknya, misalnya, masih bisa dirasakan kehadirannya lewat sang robot. Sensor pada robot Telenoid R1 akan meniru perkataan dan gerak tubuh sang cucu tersebut.

"Maaf kakek, aku sebenarnya ingin datang ke rumah kakek. Namun hari ini guru les privatku datang. Mungkin lain kali aku akan datang mengunjungimu," demikian sang robot menirukan suara dan ekspresi dari cucu kesayangan kakek.

Seperti detikINET kutip dari harian the Strait Times, Senin (2/8/2010), robot ini didemonstrasikan oleh para ilmuwan dari Universitas Osaka dan Advanced Telecommunications Research Institute di Jepang.

Selain menirukan gerak-gerik dan perkataan sang cucu, dalam demonstrasinya, robot ini juga pandai berakting layaknya dokter. "Bagaimana keadaan Anda hari ini, sudah agak baikan?" tanya sang robot dengan ekspresi wajah mirip dokter langganan si kakek.

Telenoid R1 yang dibuat serupa dengan penampilan manusia, memang dibuat khusus untuk pengguna rumahan dalam kondisi kehidupan nyata sehari-hari, khususnya untuk menemani para lanjut usia di Jepang agar tak lagi kesepian di hari tuanya.

Meski demikian robot yang sebenarnya mirip Casper--hantu kecil baik hati--ini sengaja didesain tanpa rambut. Alasannya, menurut penjelasan sang pengembang robot, agar tak tampak beda saat tampil sebagai laki-laki maupun perempuan, baik tua maupun muda.

Robot R1 ini dibanderol dengan harga 3 juta yen atau setara Rp 310 juta jika dibeli untuk tujuan penelitian. Namun untuk tujuan umum, robot ini hanya dibanderol 700 ribu yen atau setara Rp 73 juta.




No comments:

Post a Comment

Anda punya tanggapan mengenai artikel ini?
Silakan isi komentar untuk berbagi ilmu disini :

Search !!!

-- Silakan Masukan Kata --

Rubah Bahasa

English French German Spain Italian

Dutch Portuguese Japanese Arabic Chinese Simplified

Adsense

Blog Archive

Komentar Terbaru!